Menariknya sketsa Lukisan

Liputan Indonesia sketchers ( Is)

Kelompok pelukis sketsa ini dibentuk pada bulan Agustus 2009, oleh Atit Dwi Indarty. Ide tersebut dibentuk karena terdapat sebuah jaringan kelompok sketchers (Usk). Sebelumya, belum ada wakil dari Indonesia yang dapat memberikan gambaran sketsa tentang Indonesia.










Namun seiring dengan berjalanya waktu maka D. Cedhar di (Usk) seorang sketser dari Indonesia mempunyai visi, yang kuat dalam mengiatkan seni sketsa Indonesia.

Sketsa yang dibuat secara tidak langsung seperti melihat atau mengamati objek yang ada ataupun juga dengan melihat isu-isu sosial. Sehingga hasilnya merupakan representasi visual dalam bentuk sketsa naratif.

Program (Is) ini sudah berjalan seperti “ sketching and Sharing” yaitu program dimana anggota (Is) berkumpul di suatu tempat indoor ataupun outdoor seperti di monas ataupun di dalam sebuah gedung bersejarah.



kemudian, membuat sketsa secara bersama berdasarkan apa yang mereka liat pada saat itu kemudian, hasil sketsa tersebut di evaluasi kembali untuk mendapatkan pengetahuan tentang sketsa agar menjadi lebih baik lagi sehingga, orang tidak menganggap sebelah mata dengan hasil sebuah sketsa.

Dalam sebuah hasil sketsa terdapat keterangan seperti tanggal, riwayat atau sejarah sehingga dapat memberikan informasi dengan jelas.

Harapan ke depan dari (Is) ini adalah rencananya akan lebih merekatkan komunikasi antara para sketser di Indonesia dengan membentuk jaringan Is di masing-masing kota seperti di Semarang, Surakarta, Makassar.
program lainnya adalah workshop, exhibition, dan beberapa proyek lainnya.

Semoga dengan di jalankan program ini, masyarakat dapat lebih mengetahui tentang sketsa lukisan dan jika ada yang berminat dapat mengunjungi kantor sekertariat (Is)

SEKERTARIAT
Jl. Garuda IV no. 92 Kompleks Inkoppol RT 03/ 05 Jakasampurna, Bekasi - 17145
Telp : (021)-886-1345

6 comment:

Duo Kribo said...

wah kalo ada exhibitionnya pasti keren nih, sketsa gitu kan unik-unik pasti. minta beberapa foto dong, ada nggak?

anna yuniarni putri said...

yap, betul banget. Saya saja nih, yang baru pertama kali melihat sketsa lukisan di pameran sangat kagum sekali dengan hasil-hasilnya.
Nah, sekarang bisa dilihat ni foto-fotonya
maksih yah, commentnya.

Jurnal Kita said...

itu keren banget sketsanya...nice report..

Jacquiline Eunike said...

bakat orang Indonesia itu emang sebenarnya keren-keren. masih kurang dihargai aja,

Andyta Larasaty (Ayasa) said...

hidup Indonesia!

anna yuniarni putri said...

kurang pengembangan dan peduli terhadap hasil karya tangan orang Indonesia, jika hal tersebut terus dijalankan akan lebih baik lg hasilnya.
makasih commentnya

Post a Comment