Kesenian Betawi


Kesenian Betawi

Pakaian Adat

seperti yang terlihat pada foto pakaian adat betawi biasanya berwarna merah. bajunya seperti jas menutupi leher dan memakai tutup kepala. biasanya di pinggang dekat perut diselipkan belati atau semacam keris. Sedangkan untuk pakaian wanitanya, biasanya memakai tutup kepala yang dengan rumbai rumbai semacam tirai untuk menyamarkan wajah. itu disebut syangko (penutup muka). Setelah diteliti lebih jauh ternyata syangko dipengaruhi oleh kebudayaan arab. Model baju wanitanya seperti kebaya encim (cina).


Tari Ronggeng Betawi

Tari ronggeng mulanya merupakan tarian yang dibawakan seorang diri. Tari ronggeng merupakan tarian hiburan. Dan sudah ada sejak adanya tuan-tuan tanah pada zaman Belanda dulu. Tari ronggeng biasa dipentaskan pada pementasan wayang cokek, permainan topeng, ogel, dan lenggo. Cirri-ciri dari ronggeng Betawi biasanya adalah gerakan yang tidak tetap, tergantung pada gong dan music. Biasanya ada gerakan kepala yang khas dengan gong juga gerakan-gerakan yang lucu. Biasanya memakai selendang untuk pemilihan pasangan, dan jika sudah berpasangan dinamakan tayuban


Tanjidor / Gambang Kromong

Di dunia musik Betawi terjadi pembauran atau pencampuran antara unsure Cina dengan pribumi. Alat-alat pada gambang kromong yaitu kemor, gendang, kecrek, kempul dan gong adalah unsure pribumi, sedangkan sisanya adalah unsur alat musik Cina. Gambang Kromong sekarang ini dipakai sebagai musik untuk mengiringi tarian-tarian tradisonal atau tarian kreasi. Seperti tarian Sirih kuning dan lain-lain.

4 comment:

Audia said...

betawi merupakan salah satu suku asli Jakarta yang jangan pernah dihilangkan. Karena budaya mereka memang sangat menarik dan unik. keep posting!

Andyta Larasaty (Ayasa) said...

Anna banget :p

Vannia said...

Kesenian betawi, jadi inget alm. Bang Benyamin..
Kudu dilestariin nih!

Sorta Caroline (210110080010) said...

SIP BANGET ARTIKEL INI !!


Gambang Kromong itu satu2nyaaa warisan MUSIK BETAWI yang beluum SEMPAT HILANG dan untungnyaa tidak dilupakan BEGITU saja ..


kalo SUNDA terkenal dengan GAMELAN..

BETAWI yaaa GAMBANG KROMONGNYA ituuuu ^^

Post a Comment